Blog'e cah Endel

live is an adventure

Perangkat Keras untuk Mengakses Internet

Komputer merupakan syarat mutlak untuk mengakses Internet. Secara umum hardware komputer yang diperlukan dalam mengakses Internet hampir sama dengan komputer biasa. Spesifikasi komputer yang digunakan dan koneksinya melalui ISP sangat menentukan cepat atau lambatnya proses kinerja komputer dalam mengakses Internet. Spesifikasi komputer tersebut antara lain sebagai berikut.

a. Komputer minimal menggunakan processor 80486 DX.
b. RAM (Random Access Memory), kapasitas yang bisa digunakan kurang lebih 32 MB (MegaByte). RAM tersebut digunakan untuk menyimpan data, gambar, suara, atau program aplikasi dimana penyimpanannya bersifat sementara.
c. Harddisk, berfungsi sebagai media penyimpanan data secara magnetik.
d. VGA (Video Graphics Array) card, berfungsi untuk mengubah data yang akan ditampilkan pada monitor.
e. Monitor, merupakan perangkat keluaran yang berfungsi untuk menampilkan proses kerja dari komputer.

Selain hardware komputer yang umum, juga diperlukan beberapa hardware tambahan sehingga memungkinkan Anda mengakses Internet melalui komputer. Berikut ini beberapa hardware yang diperlukan,

a. Modem, terdiri dari modem internal dan modem eksternal. Alat ini digunakan untuk mentransmisikan data dalam bentuk gelombang elektromagnetik dari satu komputer ke komputer lain atau alat untuk mengubah sinyal analog menjadi sinyal digital dan sebaliknya.
b. Kabel UTP (Unshielded Twisted Pair) dan STP (Shielded Twisted Pair).
c. Konektor RJ 45, digunakan sebagai penghubung kabel UTP.
d. Kabel koaksial, digunakan sebagai peredam sinyal agar tidak membalikkan dan mengganggu sinyal aslinya.
e. Wireless adapter, digunakan sebagai pengendali periferal yang terpasang tanpa menggunakan kabel. Adapter ini biasanya berbentuk card atau board yang berisi rangkaian elektronik.
f. Switching, digunakan untuk menghubungkan jalur komunikasi data dari setiap segmen jaringan ke jaringan tertentu.
g. Router, digunhakan untuk memilih jaringan tujuan dan meneruskan pengiriman paket data pada jaringan khusus. Perbedaan Router dibandingkan modem, roter hanya digunakan dalam server jaringan. Dalam hal ini, router dan modem merupakan satu kesatuan pada server jaringan. Pada sistem bukan jaringan tidak diperlukan router, cukup dengan menghubungkan modem untuk menghubungkan sebuah PC dengan jaringan telekomunikasi.
h. Ethernet card (LAN card), digunakan sebagai kartu antarmuka jaringan untuk transmisi data antarkomputer yang terkoneksi. Ethernet card yang disebut juga dengan Network Interface Card (NIC) dapat dibeli sesuai dengan kebutuhan. Jika menggunakan kabel UTP, maka diperlukan ethernet card dengan interface UTP. Jika menggunakan kabel BNC, maka diperlukan ethernet card dengan interface BNC. Ethernet card yang terdapat di pasaran saat ini adalah interface UTP dan BNC yang disebut dengan network card combo.

Ethernet card bekerja dengan menggunakan kecepatan transfer data dalam satuan bit per second (bps). Kecepatan transfer data tersebut dimulai dari 10 bps, 100 bps, dan 1000 bps. Jenis-jenis ethernet card antara lain : ethernet, fast ethernet, gigabit ethernet.

Perbedaan jenis ethernet card terdapat pada kecepatan transfer datanya. Jenis ethernet mempunyai kemampuan transfer data sebesar 10 bps. Jenis fast ethernet mempunyai kemampuan transfer data sebesar 100 bps, sedangkan jenis gigabit ethernet mempunyai kemampuan transfer data sebesar 100 bps. Di pasaran saat ini terdapat Network Interface Card (NIC) dengan kemampuan bekerja 3 speed. NIC tersebut disebut juga dengan combo adapter.

Diposkan oleh Astrid 11 ipa1 di 03:58 0 komentar

Sejarah Internet

Sejarah perkembangan Internet diawali dengan terbentuknya jaringan komputer pertama di Amerika Serikat yang diprakarsai oleh lembaga yang bernama Advanced Research Project Agency (ARPAnet)yang pada saat itu menghubungkan empat buah komputer yang masing-masing berada di Stanford Research Institute (SRI), Universitas on California of Los Angles (UCLA), Universitah Utah Charley Kline, dan Universitas California Santa Barbara (UCSB). Saat itu, pengguna bandwith masih sekitar 50 kbps yang dimiliki oleh ATT (American Telephone and Telegraph). Kemudian pada tahun 1983, dengan ditemukannya protokol TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol) mulailah dikenal istilah Internet. Awalnya, Internet hanya digunakan untuk kepentingan akademik dan militer di Amerika saja. Namun seiring dengan perkembangan waktu, mulai tahun 1990-an Internet mulai digunakan secara meluas di kalangan masyatakat umum.

Tahun 1995, mulailah dikenal teknologi World Wide Web atau biasa disebut Web yang berfungsi untuk menggantikan FTP, yaitu teknologi untuk melakukan proses pertukaran data. Dengan teknologi ini, Internet dapat menyediakan informasi dalam bentuk multimedia. Saat ini, Internet bahkan dapat digunakan melalui telepon dan alat komunikasi mobile seperti handphone atau PDA (Personal Data Assistant) dengan menggunakan teknologi WAP (Wireless Application Protocol).

Menurut situs Internet www.internetworldstats.com, hingga pertengahan tahun 2005 pengguna internet telah mencapai 938.710.929 jiwa manusia atau sekitar 14,6% dari seluruh total jumlah penduduk dunia pada tahun tersebut.

Diposkan oleh Astrid 11 ipa1 di 03:33 0 komentar

Minggu, 16 November 2008

Lingkungan dampak pemanasan global

Lingkungan Dampak Pemanasan Global Mengerikan
Pemanasan global merupakan sesuatu yang tak terbantahkan lagi dan dapat menimbulkan dampak sangat mengerikan. Demikian salah satu pernyataan dalam laporan terakhir Panel PBB untuk Perubahan Iklim atau United Nations Intergovernmental Panel on Climate Change (IPCC) yang diumumkan di Valencia, Sabtu (19/11).
Sekretaris Jendral PBB Ban Ki Moon menantang pemerintah negara-negara di seluruh dunia untuk melakukan aksi nyata mengatasi ancaman tersebut. Ia mengajak para pengambil kebijakan untuk merespon temuan ini dalam konferensi perubahan iklim di Bali yang akan digelar awal Desember 2007.
“Sangat mendesak, usaha global harus dilakukan,” ujar Ban Ki-Moon, Sekretaris Jendral PBB. Ia berharap para pengambil kebijakan dari seluruh dunia dapat merespon temuan ini dalam konferensi perubahan iklim yang akan digelar di Bali mulai 3 Desember 2007.
Mengerikan
Laporan tersebut menyebut manusia sebagai biang utama pemanasan global. Emisi gas rumah kaca mengalami kenaikan 70 persen antara 1970 hingga 2004. Konsentrasi gas karbondioksida di atmosfer jauh lebih tinggi dari kandungan alaminya dalam 650 ribu tahun terakhir.
Rata-rata temperatur global telah naik 1,3 derajat Fahrenheit (setara 0,72 derat Celcius) dalam 100 tahun terakhir. Muka air laut mengalami kenaikan rata-rata 0,175 centimeter setiap tahun sejak 1961.
Sekitar 20 hingga 30 persen spesies tumbuh-tumbuhan dan hewan berisiko punah jika temperatur naik 2,7 derajat Fahrenheit (setara 1,5 derajat Celcius). Jika kenaikan temperatur mencapai 3 derajat Celcius, 40 hingga 70 persen spesies mungkin musnah.
Meski negara-negara miskin yang akan merasakan dampak sangat buruk, perubahan iklim juga melanda negara maju. Pada 2020, 75 juta hingga 250 juta penduduk Afrika akan kekurangan sumber air, penduduk kota-kota besar di Asia akan berisiko terlanda banjir dan rob. Di Eropa, kepuanahan spesies akan ekstensif. sementara di Amerika Utara, gelombang panas makin lama dan menyengat sehingga perebutan sumber air akan semakin tinggi.
Kondisi cuaca ektrim akan menjadi peristiwa rutin. Badai tropis akan lebih sering terjadi dan semakin besar intensitasnya. Gelombang panas dan hujan lebat akan melanda area yang lebih luas. Risiko terjadinya kebakaran hutan dan penyebaran penyakit meningkat.
Sementara itu, kekeringan akan menurunkan produktivitas lahan dan kualitas air. Kenaikan muka air laut akan memicu banjir lebih luas, mengasinkan air tawar, dan menggerus kawasan pesisir.

Iklan

Single Post Navigation

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: